Penjualan Mitsubishi Pajero Sport Kalahkan Toyota Fortuner, Borneonews

Mitsubishi Pajero Sport terjual lebih banyak dibandingkan pesaingnya Toyota Fortuner selama semester I. Padahal, Mitsubishi Pajero Sport tidak mendapatkan diskon PPnBM seperti Toyota Fortuner, Borneonews.


Sejak April Pemerintah memberlakukan perluasan diskon PPnBM untuk mobil baru. Setelah pada Maret mobil bermesin 1.500 cc ke bawah dapat diskon PPnBM 100%, mulai April lalu mobil sampai dengan 2.500 cc juga mendapat diskon PPnBM.


Mobil yang menerima diskon PPnBM ini harus memenuhi syarat yang berlaku. Dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah tertulis pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 60% (enam puluh persen).

Terdapat dua skema diskon PPnBM yang diberikan kepada kendaraan tipe 4x2 dan 4x4. Skema pertama untuk kendaraan 4x2, adalah diskon PPnBM sebesar 50%, yang tadinya dikenakan tarif PPnBM 20% didiskon menjadi 10% untuk tahap I (April-Agustus) dan diskon sebesar 25%, yang tadinya 20% menjadi 15% untuk Tahap II (September-Desember). Sedangkan skema berikutnya untuk kendaraan 4x4 adalah diskon sebesar 25%, yang tadinya dikenakan PPnBM 40% menjadi 30% untuk Tahap I (April-Agustus) dan diskon sebesar 12,5%, yang tadinya 40% menjadi 35% untuk Tahap II (September-Desember).

Tapi, Mitsubishi Pajero Sport tidak memenuhi kriteria sebagai penerima diskon PPnBM. Tercatat hanya ada 4 model mobil 1.500 - 2.500 cc yang memenuhi kriteria, yakni Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, Honda HR-V 1.8 liter, dan Honda CR-V. Meski begitu, Mitsubishi Pajero Sport masih bisa melampaui penjualan Toyota Fortuner, setidaknya pada paruh pertama tahun ini. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Mitsubishi Pajero Sport lebih banyak daripada Fortuner.

Sepanjang Januari-Juni, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melepas Pajero Sport sebanyak 8.299 unit kendaraan. Di sisi lain, penjualan Toyota Fortuner pada periode yang sama tercatat sebanyak 7.787 unit.